Rektor Unpatti Kukuhkan Prof. Dr. Samuel Jusuf Litualy, M.Pd Sebagai Guru Besar

Universitas Pattimura menyelenggarakan Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Pattimura dalam rangka Pengukuhan Prof. Dr. Samuel Jusuf Litualy, M.Pd sebagai Guru Besar Dalam Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura, yang berlangsung di lantai II Aula Rektorat Unpatti

Prof. Dr. Samuel Jusuf Litualy, M.Pd diangkat sebagai Guru Besar berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (MENDIKBUDRISTEK) RI Nomor 29130/MPK.A/KP.05.01/2021 dan menyandang jabatan Guru Besar dalam Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura.

Pengukuhan yang dilaksanakan dalam Pandemi Covid-19, dilakukan sesuai protokol kesehatan. 21 orang anggota senat yang menghadiri kegiatan ini dari 70 orang anggota Senat Universitas Pattimura. Pembatasan jumlah anggota senat yang hadir dilakukan sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Maluku, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan serta para Dosen dalam lingkup FKIP, Rohaniawan, Paduan Suara Hotumese Unpatti dan Keluarga.

Prof. Dr. Samuel Jusuf Litualy, M.Pd dalam menyampaikan pidato pengukuhan Guru Besarnya dengan judul “Karya Sastra Bandingan Sebagai Jembatan Bagi Pembelajaran Bahasa dan Pembentukan Karakter Peserta Didik” mengatakan, Karya Sastra sering dipahami secara beragam bahkan ada yang memahaminya sebagai karya atau imajinasi penulisnya tanpa dasar, tetapi pada hakikatnya tidak demikian. Inti karya sastra adalah pengalaman, pengamatan pengarang terhadap peristiwa-peristiwa di sekelilingnya yang kemudia diolah secara imajinatif, kreatif, artistik sehingga menjadi karya yang mengandung nilai-nilai kehidupan. Karya tersebut kemudia disampaikan dengan bahasa yang dirangkai secara indah melalui diksi-diksinya sehingga menarik untuk dibaca.

Rektor, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dalam sambutan mengatakan hari ini Universitas Pattimura menorehkan sejarah baru dalam perjalan universitas kedepan, dengan bertambahnya satu orang Guru Besar   “ Hadirnya Guru Besar yang baru dalam Ilmu Bahasa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan hari ini menambah Guru Besar pada FKIP. Ini bertanda bahwa dari waktu ke waktu proses-proses pengangkatan dan pengusulan Guru Besar semakin hari semakin sulit tetapi dari tahun ke tahun senantiasa bertambah”, ujar Rektor. Lanjut Rektor, proses pengangkatan Guru Besar saat ini sangat sulit karena membutuhkan tulisan-tulisan atau publikasi tetapi juga jurnal international terindeks spokus.

Beliau berharap, kepada yang lain juga agar tidak putus asa walaupun persyaratan dari tahun ke tahun berubah, tetap berusaha dan lakukan yang terbaik untuk kemajuan Universitas Pattimura kedepan serta berkarya terus agar generi penerus akan berkiprah di dunia International”.

fkip-unpatti

Situs Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura