Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNPATTI Gelar Kontes Literasi Matematika Tahun 2021

Program Studi Pendidika Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura (FKIP Unpatti) gelar Kontes Literasi Matematika dengan tema “Membangun Generasi Literasi Berkarakter”. Kegiatan yang berlangsung di Student Center ini melibatkan utusan Siswa/i dari SMP/MTs Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah. Turut Hadir Dekan FKIP Unpatti, Prof. Dr. Izaak H. Wenno, M.Pd., Prof. Dr. Th. Laurens, M.Pd., Prof. Dr. T. G. Ratumanan, M.Pd., Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Dr. Ch. Laamena, M.Sc., para Dosen Pendidikan Matematika, para Guru dan Orang Tua Siswa/i pendamping, (Kamis, 14 Oktober 2021).

Ketua Panitia, Novalin C. Huwaa, M.Sc dalam laporan mengatakan, Kontes Literasi Matematika merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika di mulai dari tahun 2013 hingga 2019 dan tahun 2020 karena Pandemi Covid-19 maka diadakan pelatihan tentang soal-soal Literasi Matematika secara daring untuk para guru dan siswa. Tema Membangun Generasi Literasi Berkarakter, dimaksudkan agar lewat Kontes Literasi Matematika, generasi muda yaitu para peserta dapat memiliki kemampuan literasi dan numerasi dalam kaitannya dengan materi Matematika sehingga kemampuan bernalar yang dimiliki dapat membantu para peserta untuk mempelajari bidang ilmu lain, terutama berpikir dan mencerna informasi dalam bentuk tulisan maupun angka. Kemampuan literasi merupakan aspek yang penting dalam pembentukan karakter seseorang sehingga apabila generasi muda memiliki kemampuan literasi yang baik, ujanya.

Beliau menambahkan, peserta Kontes Literasi Matematika Tahun 2021 adalah Siswa/i SMP/MTs yang ada di Kota Ambon maupun Kabupaten Maluku Tengah berjumlah 128 peserta yang berasal dari 15 sekolah. “Kegiatan yang kami lakukan ini sangat penting bagi siswa/i SMP/MTs juga bagi guru agar menjadi motivasi untuk melakukan pembinaan bagi siswa/i lainnya”, harap Ketua Panitia.

Dekan, Prof. Dr. Izaak H. Wenno, M.Pd dalam sambutan mengatakan, kita patut bersyukur walaupun ditengah Pandemi Covid-19 saat ini kita melakukan proses pembelajaran secara daring, dan semoga Pandemi Covid-19 dapat berlalu sehingga aktivitas pembelajaran da[at dilaksanakan secara tatap muka (luring). Prof Wenno memberikan apresiasi kepada para peserta yang berkenan hadir disaat ini, semoga lewat Kontes Literasi Matematika, para peserta memiliki kemampuan berpikir dan mencerna informasi dalam bentuk tulisan dan angka.

Kata Prof. Wenno, Ada 4 hal kompetisi yang harus dimiliki para siswa dalam pendidikan Abad 21 yaitu berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif. Ketika memasuki era revolusi 4.0 dan juga 5.0, menghendaki kita untuk dapat memecahkan persoalan-persoalan yang ditemukan dalam proses pembelajaran.

Beliau menambahkan, para guru dan dosen diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi siswa/i maupun mahasiswa untuk pengembangan pendidikan serta pembelajaran di Provinsi Maluku melalui FKIP Mengajar, FKIP Meneliti dan FKIP Mengabdi.

“Lewat kegiatan dihari ini, kita mampu mengimplementasi Merdeka Belajar Kampus untuk pengembangan pendidikan dan pembelajaran”, harap Prof Wenno.

fkip-unpatti

Situs Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura