PKKMB Universitas Pattimura Tahun 2020 Dilakukan Secara Virtual

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2020/2021 Universitas Pattimura digelar secara virtual. Agenda pengenalan mahasiswa baru dilaksanakan mulai tanggal 29 September – 8 November 2020.

Ketua Panitia PKKMB Universitas Pattimura, Dr. Nathalie Kailola,M.Kes dalam laporannya mengatakan, pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) adalah kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenakan mahasiswa dengan lingkungan kampus dan merupakan wahana bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa.

Lanjutnya, Kegiatan PKKM Universitas Pattimura tahun ini diikuti oleh 3790 mahasiswa baru dengan rincian Fakultas Ekonomi 713 orang, Fakultas Hukum 682 orang, Fakultas ISIP 265 oang, Fakultas Kedokteran 156 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 1041 orang, Jurusan Geologi,Perminyakan dan Geofisika 85 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 127 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 124 orang, Fakultas Pertanian 170 orang, Fakultas Teknik 427 orang. Pelaksanaan kegiatan dilakukakan secara virtual menggunakan Zoom Meeting dan Live Streaming menggunakan facebook, hal ini dilaksanakan mengingat kondisi pandemi covid 19. PKKMB Universitas Pattimura Tahun 2020, mengangkat tema “Melalui PKKMB Kita Tingkatkan Karakter Kemandirian, Hidup Sehat, Intelektualitas, dan Nasionalisme Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Kebiasaan Baru”. Pemilihan tema tersebut dilatarbelakangi oleh realitas keberadaan kita dewasa ini, dimana proses pendidikan telah berlangsung secara virtual dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi era 4.0 dan kesiapan kita untuk memasuki adaptasi kebiasaan baru sebagai strategi mempertahankan eksistensi kehidupan kita di saat ini dan pasca Covid-19.

Ia juga manambahkan, materi yang disampaikan dalam kegiatan Universitas Pattimura tahun ini mencakup, Kesadaran Bela Negara, Penanggulangan Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme, Kesadaran Multikulturalisme dan Toleransi, Kesadaran Lingkungan dan Kesiasiagaan bencana, Sistem Pendidikan Tinggi di Universitas Pattimura, Penyelenggaraan Tri Dharma di Fakultas, Pengenalan kehidupan baru pasca pandemi, Pengenalan Pusat Bimbingan Konseling, yang keseluruhannya dimaksudkan, baik untuk memberi wawasan kepada mahasiswa baru, juga mengembangkan karakter bagi mahasiswa, sehingga kelak mereka dapat menjadi insan akademik yang paripurna, yang tidak saja memiliki pengetahuan, dan keterampilan yang mumpuni, tetapi juga mempunyai karakter yang kuat kreatif, inovatif, maupun nasionalisme.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum dalam sambutannya mengatakan, bagi mahasiswa baru yang telah di terima menjadi mahasiswa adalah orang-orang terpilih, terpandang yang diharapakan mampu untuk menjadi agen-agen perubahan. Dalam memasuki proses perkuliahan di era pandemi Covid-19 ini memang tidak mudah, dimana-mana orang berbicara tentang pendidikan di era pandemi oleh karena itu dengan kebebasan melalui kebijakan Pak Menteri yaitu Merdeka Belajar – Kampus Merdeka maka kata kunci yang perlu diperhatikan adalah kemandirian dalam berfikir, bertindak dalam melaksanakan seluruh proses pendidikan di Perguruan Tinggi, artinya dosen hanya menjadi orang yang memberikan arah bagaimana belajar tetapi bagaimana menguasi ilmu pengetahuan dan teknologi sangat tergantung dari pribadi. Oleh karena itu kita akan memulai fase baru dan diharapakan mahasiswa harus Belajar dengan sungguh sehingga dapat melahirkan pikiran –pikiran baru, berkarya, dan mandiri dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga dapat berinovasi menciptakan lapangan pekerjaan yang baru. Rektor berharap sebagai mahasiswa baru anda merasa memiliki Universitas ini dan dapat melaksanakn tugas dan tanggung jawab Tri Dharma perguruan dari saat ini sampai anda menjadi alumni. Di akhir sambutannya Rektor juga mengajak seluruh mahasiswa baru agar tetap membangun tekat dan komitmen yang kuat untuk melaksanakan pendidikan walaupun dalam masa pandemi namun tetap berkualitas.

Kegiatan PKKMB dilanjutkan dengan Penyampaian Materi oleh para Narasumber yakni Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum., Kodam XVI Pattimura diwakili oleh Pemenahi Bidang Hukum dan Humaniter Pangdam XVI Pattimura-Kolonel Arh G. Hasto Respatyo, S.T., dari Polda Maluku, Brigjen Polisi Jan Leonard de Fretes., dari Tim Penanggulangan Covid-19 UNPATTI, Dr. dr. Bertha. J. Que, Sp.S., M.Kes., dari Perwakilan MUI, Dr. Abdullah Latuapo, M.Pd.I., Ketua Sinode GPM, Pdt. Drs. A. J. S.Warinussa, M.Si., Perwakilan Keuskupan Ambon, Ignasius S.S. Reto,MA., Pusat Studi Bencana, Mitigasi Adaptasi Perubahan Iklim UNPATTI, Dr. Ferad Puturuhu., Pusat Bimbingan Konseling Unpatti, Theophanny Paula Theresia Rampisela, S.Psi., M.Ed. Sampai berita ini dinaikan kegiatan ini masih berlangsung.

Kegiatan PKKMB akan berlangsung pada Tingkat Fakultas sesuai schedule yang telah ditentukan dengan menggunakan ruang virtual sesuai link tiap Fakultas.

 

fkip-unpatti

Situs Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura