Prodi Pendidikan Matematika Berkolaborasi Bersama Jurnal Pendidikan Matematika Menyelenggarakan Workshop Open Journal System (OJS)

Jurnal ilmiah  merupakan eksistensi sebuah perguruan tinggi. Dimana kemajuan sebuah perguruan tinggi diukur melalui kemampuannya dalam pengelolaan dan manajemen jurnal ilmiah.  Sehingga aktivitas pengelolaan jurnal ilmiah pada saat ini diarahkan dalam bentuk daring (online) agar sebaran akses semakin luas dibandingkan dengan jurnal cetak. Salah satu sistem pengelolaan yang banyak digunakan saat ini adalah Open Journal Sistem (OJS). Melalui OJS pengelolaan jurnal lebih tertata dan terdokumentasi secara baik dan rapi.

Terkait dengan perkembangan tersebut, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura (Unpatti) mengundang para pengelola jurnal di lingkungan Unpatti untuk mengikuti Workshop OJS pada tanggal 1 agustus 2019 yang bertempat diruang ICT Dekanat FKIP. Tujuan dari workshop ini adalah untuk mensosialisasikan sekaligus memberikan pelatihan kepada masing-masing pengelola jurnal mengenai proses pengelolaan berkala ilmiah.

Acara yang berlangsung selama satu hari ini dibuka oleh Dekan FKIP Unpatti Prof. Dr. Theresia Laurens,M.Pd dengan narasumber, yaitu Yopi Andry Lesnussa ,S.Si.,M.Si (Chief in Editor Barekeng) dengan penyampaian materi tentang Pengantar OJS dan perkembangan Jurnal, Setup dan maintenance OJS3, Manajemen publikasi/ lalu lintas manuscript pada OJS3 (Submission, review, publish), Setting dan aktivasi DOI pada OJS3, Proses indeksasi jurnal (Google Scholar, Garuda, Crossref, DOAJ, dll), Similarity indeks, Manajemen Referensi/Sitasi (Mendeley), dan Proses Akreditasi Jurnal Ilmiah

Jumlah peserta sebanyak 42 orang, yang terdiri dari para pengelola jurnal dalam lingkuip unpatti. Peserta dalam acara ini sangat antusias dalam mengikuti materi demi materi. “beta berharap sebagai salah satu pengelola jurnal ilmiah di Unpatti bisa terus semangat dan semakin aktif dalam memajukan jurnal ilmiah yang beta kelola”, kata Christi Matitaputty, S.Pd.,M.Pd (Chief in Editor JUPITEK).