Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Dalam Rangka Dies Natalis Ke 58 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menggelar Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-58 TAHUN 2019 mengusung Tema “Pengutamaan Peran Strategis Menuju Pendidikan Berkualitas Berorientasi Laut Pulau di Era Revolusi Industri 4.0 yang  bertempat di Gedung Student Center Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Selasa, 10 September 2019.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Laporan Ketua Panitia oleh Heppy Leunard Lelapary, S.Pd dan pembacaan sejarah FKIP Unpatti.

Prof. Dr. Theresia Laurens, M.Pd dalam sambutannya mengatakan Tema yang diangkat berlatar belakang pemikiran bahwa 58 tahun FKIP telah memberikan kontribusi yang produktif bagi pengembangan pendidikan di Maluku, yang diperoleh atas dasar dedikasi dan komitmen seluruh keluarga besar FKIP. Namun dengan perkembangan zaman, FKIP harus tetap mengutamakan kualitas lulusan yang mampu mengolah dan memanfaatkan potensi laut Pulau untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Revolusi industri 4.0 yang serba digitalisasi mengharuskan penyiapan lulusan yang memiliki keterampilan komunikasi, berpikir kreatif, kritis dan kolaborasi sebagai bekal dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi.

Laurens menambahkan, Perayaan Dies Natalis setiap tahun merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan citra FKIP sebagai lembaga pendidikan Tenaga Kepedidikan Negeri satu – satunya yang terus menerus berupaya meningkatkan kualitas sebagai lembaga penyedia tenaga pendidik dan kependidikan untuk melayani kebutuhan masyarakat di daerah ini.

Lanjutnya, Beliau berterimakasih dan memberikan penghargaan kepada Pimpinan Universitas Pattimura, Keluarga Besar FKIP khususnya para Pemimpin Fakultas, Pimpinan Jurusan, Ketua Prodi, para Dosen, para Tenaga Kependidikan, Mahasiswa dan Alumni yang telah bekerja keras tanpa mengenal lelah, membangun FKIP termasuk kerjasamanya dalam merealisasikan berbagai program yang direncanakan.

Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum dalam arahannya memberikan  motifasi dan dorongan kepada FKIP agar menghasilkan lulusan – lusan yang terbaik karena FKIP merupakan ujung tombak keberhasilan generasi penerus bangsa.

Untuk momen ulang tahun saat ini Rektor berharap, FKIP mulai melakukan inovasi – inovasi yang baru dalam sistem belajar dan matakuliah. Marilah sama – sama kita bergandengan tangan karena FKIP maju, Unpatti maju.

Acara dilanjutkan dengan orasi ilmiah oleh Dr. Romilda Arivina da Costa, S,S., M.Hum, Musikalisasi Puisi dari Sanggar Cakadidi dan Paduan suara Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Penutupan Rapat Senat Terbuka Luar Biasa, Menyanyikan Lagu Bagimu Negeri, Pembacaan Doa dan Pemotongan Kue Ulang Tahun. Akhir dari rangkaian acara Peringatan Dies Natalis ke-58 ditutup  dengan  makan bersama yang di hibur oleh musisi lokal ambon.

Acara ini dihadiri Ketua LP3MP, Dr. Drs. Joseph Pagaya, M.Kes., Ketua LP2M, Prof. Dr. Dominggus Malle, S.Pt., M.Sc., Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Erly Leiwakabessy, M.Si, para Sesepuh FKIP Unpatti, Kepala Instansi Pemerintah yang menjadi mitra FKIP, para Senat FKIP, para Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam lingkup FKIP, Ketua dan Pengurus Alumni FKIP, Fungsionaris DPMF FKIP dan mahasiswa FKIP Unpatti.