REKTOR DAN DEKAN FKIP UNPATTI MEMBUKA PENYELENGGARAAN KULIAH SARJANA (S1) BAGI GURU DALAM JABATAN (PPKHB) ANGKATAN KE -2 TAHUN 2014 – 2015

1.Rombongan Rektor dan Dekan FKIP Unpatti di Sambut Dengan Tarian “Mangaloi – Loi Torngangawar ” Sebagai Ungkapan Selamat Datang.

Sinopsis Tari

Di Bumi Jargaria Tanah Rar Gwamar
Selamat datang, selamat jumpa kami sampaikan kepada bapak Rektor Universitas Pattimura Ambon bersama rombongan yang sangat kami dambakan. Berkenaan dengan PENYELENGGARAAN KULIAH SARJANA (S1) BAGI GURU DALAM JABATAN (PPKHB) ANGKATAN KE -2 TAHUN 2014 – 2015
DI KABUPATEN KEPULAUAN ARU kami pemuda – pemudi Negeri ini akan mempersembahkan kepada Bapak Rektor dan Ibu Dekan FKIP Universitas Pattimura serta Rombongan, satu Tari Tradisional dari Negeri ini yang berjudul “Mangaloi – Loi Torngangawar (tari perang)”

Di jaman dulu, setelah pulau Eno Karang terpisah, umat manusia mencari tempat kediaman yang baru yakni : Bumi Jargaria sekarang ini. Dan ketika mereka mendapat tempat kediaman yang baru (ada tiga tempat di pulau tarangan) yang umatnya tidak hidup tentram dan tenang, dikarenakan diganggu oleh tiga jenis binatang buas yang sangat kejam, (Babi, Ular dan Elang).
Atas dasar inilah kedua moyang kaka beradik dari ujung batu goyang duduk mengambil satu keputusan yang keluar dari dalam hati yang sangat mulia tanpa memikirkan latar belakang hidup yang lain dengan berjanji : Mau Atau Tidak Mau, Untung Atau Rugi, Kalah Atau Menang, Hidup Atau Mati, Kita Harus Pergi, Berjuang Tanpa Pamri. Akhirnya, tiga jenis binatang itu semuanya terbunuh hanya dengan bersenjatakan busur dan anak panah.
Dan kini binatang – binatang itupun menjadi nisan bagi anak-anak cucu negeri tercinta ini.
Untuk itu, sebagai Tulang Punggung Bangsa Dan Negara terkhusus Kabupaten Kepulauan Aru……. milikilah sifat kepahlawanan agar di dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab demi masa depan yang cerah bagi anak-anak bangsa yang ada di negeri ini, jangan takut terhadap tantangan, cobaan, caci maki, amarah, cercaan dan pukulan, karena itu adalah seni hidup.
Inilah tari torngangawar (tari perang) dari sanggar Komkei asuhan bapak botmir.

2.Jamuan Makan Siang Oleh Bupati Kepulauan Aru Kepada Rektor dan Dekan FKIP Unpatti beserta Rombongan diadakan langsung Di Ruang Tunggu VIP Bandara Rar Gwamar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *